2 Cara Mudah Memeriksa Kerusakan Pada Keyboard Laptop

GadgetLogi - Keyboard merupakan sebuah alat yang sangat penting pada sebuah laptop. Keyboard berfungsi untuk mengoperasikan laptop, mengetik huruf, angka simbol dan juga untuk mengatur hardware yang ada pada laptop seperti tombol power, volume dan wifi.

Laptop berbeda dengan komputer PC yang jika terdapat error pada keyboard sehingga tombol tidak berfungsi secara normal maka solusi yang dapat dilakukan adalah mengganti keyboard dengan yang baru.

Keyboard pada laptop meskipun bisa diganti namun tidak mudah dilakukan. Meskipun ada solusi lain jika keyboard laptop rusak yaitu dengan menggunakan keyboard external namun hal tersebut akan membuat laptop menjadi tidak praktis untuk dibawa kemana-mana.

Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab dari masalah pada keyboard laptop yaitu:

  1. Laptop terjatuh atau terbentur.
  2. Keyboard kotor bisa karena debu, pasir atau kotoran kecil yang lain yang dapat masuk ke dalam sela-sela keyboard.

Cara Mencegah Kerusakan Keyboard Laptop

Cara yang paling mudah adalah dengan membawa laptop dengan hati-hati agar tidak terjatuh atau terbentur. Kemudian, selalu jaga kebersihan dari keyboard agar tidak ada kotoran seperti debu atau pasir yang masuk apalagi sampai kotoran tersebut lama ada di dalam keyboard.

Untuk memudahkan kamu agar bisa mengetahui kerusakan pada keyboard, tombol yang rusak, tombol yang susah ditekan / macet maka kamu bisa menggunakan bantuan dari keyboard tester.

Ada beberapa cara menggunakan keyboard tester yaitu dengan cara online (web browser) dan cara offline (software).

Cara Mengecek Kerusakan Keyboard Laptop Tanpa Aplikasi / Online

Ada beberapa website yang menyediakan fitur untuk melakukan tes pada keyboard. Cara ini menggunakan web browser seperti Google Chrome atau Firefox sehingga kamu tidak perlu menginstall aplikasi atau software lagi. Dengan membuka website tersebut maka akan muncul sebuah gambar keyboard yang berfungsi sebagai keyboard virtual.

Cara menggunakan fitur keyboard tester tersebut adalah dengan menekan semua tombol yang ada pada keyboard laptop. Jika tombol yang berada di keyboard virtual tidak berubah warna, maka itu berarti tombol tersebut bermasalah / rusak / tidak normal.

Kelebihan dari cek keyboard secara online adalah kamu bisa menggunakannya di semua jenis laptop seperti Windows, Mac OS dan Linux. Kekurangan dari cara ini adalah kamu harus mempunyai koneksi internet yang aktif.

  1. https://www.keyboardtester.com/
    Setelah membuka website, klik tombol Launch The Tester.

    Kemudian akan muncul gambar keyboard (keyboard virtual). Silahkan tekan semua tombol pada keyboard laptop kamu. Tombol yang berfungsi dengan normal akan berwarna hijau setelah ditekan namun jika tombol tersebut bermasalah maka warna tombol tidak berubah hijau (tetap putih).
  2. http://en.key-test.ru/
    Setelah membuka website dengan web browser maka secara otomatis akan muncul keyboard virtual. Silahkan tekan semua tombol keyboard pada laptop yang akan kamu cek.

    Tombol yang berfungsi dengan normal akan berwarna putih setelah ditekan namun jika tombol tersebut tidak berfungsi normal maka warna tombol tidak berubah putih (tetap hitam).
  3. https://keyboardchecker.com/
    Setelah membuka website dengan browser maka secara otomatis akan muncul keyboard virtual. Silahkan tekan semua tombol keyboard pada laptop yang akan kamu tes.

    Tombol yang berfungsi dengan normal akan berwarna hijau setelah ditekan namun jika tombol tersebut rusak maka warna tombol tidak berubah hijau (tetap putih).

Cara Mengecek Kerusakan Keyboard Laptop Dengan Software Keyboard Tester

Kelebihan dari software keyboard tester ini adalah bisa digunakan tanpa memerlukan koneksi internet (offline). Namun sayangnya, software ini khusus untuk laptop dengan sistem operasi Windows. Jika kamu menggunakan Macbook maka kamu bisa menggunakan keyboard tester versi online.

Keyboard Test Utility (Windows) Logo
Keyboard Test Utility (Windows)
Download

Cara menggunakan software keyboard tester adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan buka software Keyboard Test Utility yang sudah kamu download dan install. Maka akan muncul sebuah keyboard virtual.
  2. Kemudian, silahkan tekan semua tombol keyboard di laptop yang akan kamu cek. Jika warna tombol keyboard laptop yang kamu tekan berubah warna menjadi kuning maka tombol tersebut normal (tidak rusak). Namun jika tombol yang kamu tekan tetap berwarna putih maka itu berarti tombol tersebut rusak / bermasalah / tidak berfungsi..

Cara Mengatasi Tombol Keyboard Macet Karena Kotor

Jika disaat melakukan pengecekan keyboard laptop kamu menemukan tombol yang bermasalah, kamu bisa memeriksanya terlebih dahulu secara langsung dengan menekannya beberapa kali. Jika macet atau susah ditekan maka bisa jadi terdapat kotoran seperti debu atau pasir di bawah tombol tersebut.

Untuk membersikan tombol tersebut agar bisa normal digunakan kembali, kamu bisa menggunakan sedotan kecil untuk meniupkan udara ke bawah keyboard agar kotorannya hilang. Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menghilangkan kotoran di bawah tombol keyboard laptop dengan sikat kecil.

Jika tombol sudah bersih, silahkan lakukan tes kembali dengan aplikasi keyboard tester. Namun, jika saat dites masih menunjukan error maka bisa jadi kerusakan yang terjadi bukan karena kotor namun hardware tombol yang rusak dan perlu diganti.

Video Panduan

Versi video dari artikel ini dapat ditonton di channel youtube Gadgetlogi berikut ini:

Demikian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terkait