4 Cara Cepat Unfollow Banyak Akun Di Instagram

GadgetLogi - Fitur follow di instagram berfungsi untuk mengikuti akun instagram orang lain atau bisa juga mengikuti sebuah hashtag (#) yang kemudian semua postingan dari akun atau hashtag yang telah diikuti akan muncul di Kabar Beranda / News Feed dan juga di bagian Cerita / Story.

Namun terkadang karena banyaknya akun yang telah difollow akhirnya malah menyebabkan akun-akun penting seperti teman dan keluarga jarang muncul di beranda IG kamu.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan melakukan unfollow / berhenti mengikuti akun instagram yang sekiranya tidak berhubungan dengan kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk unfollow akun instagram yaitu unfollow satu per satu tanpa aplikasi lain (melalui aplikasi instagram) dan unfollow banyak akun sekaligus melalui aplikasi tambahan.

Cara Unfollow Akun Di Instagram Satu Per Satu

Cara berikut ini adalah cara manual untuk melalukan unfollow akun instagram melalui aplikasi IG di HP android dan juga HP iphone. Kamu juga bisa menggunakan web browser di HP dan laptop karena tampilan dari instagram web dan aplikasi sangat mirip.

  1. Buka aplikasi instagram lalu buka profil instagram kamu dan tekan angka jumlah Following / Mengikuti.
  2. Maka akan ditampilkan daftar dari semua akun yang sudah kamu follow / ikuti.
  3. Cari dan pilih akun yang akan kamu unfollow. Untuk melakukan unfollow akun caranya adalah dengan tekan tombol Following / Mengikuti sehingga tombol tersebut berubah menjadi Follow / Ikuti.
  4. Selesai.

Cara Unfollow Banyak Akun Di Instagram

Kamu bisa memilih opsi ini jika kamu berniat untuk unfollow banyak akun sekaligus. Kelebihan dari cara ini adalah kamu bisa unfollow secara massal dan cepat daripada harus unfollow satu per satu akun secara manual.

Untuk kamu yang menggunakan HP android, install terlebih dahulu aplikasi Followers & Unfollowes dari Google Play Store.

Followers & Unfollowers (Android) Logo
Followers & Unfollowers (Android)
Download

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan HP iphone, silahkan install terlebih dahulu aplikasi Mass Unfollow for Instagram dari Apple App Store.

Mass Unfollow for Instagram (iOS) Logo
Mass Unfollow for Instagram (iOS)
Download

Cara Unfollow Banyak Akun Di Instagram HP Android

  1. Buka aplikasi Followers & Unfollowes dan login dengan akun instagram kamu.
  2. Setelah itu akan muncul daftar akun yang sudah kamu follow.
  3. Pilih filter Don't Follow Back untuk menampilkan daftar dari semua akun yang kamu follow tapi tidak memfollow balik (follback).
  4. Pilih filter Mutual untuk menampilkan daftar dari semua akun yang kamu follow dan akun tersebut memfollow balik (follback) akun instagram kamu.
  5. Pilih filter I Follow untuk menampilkan daftar dari semua akun yang kamu follow tanpa terkecuali.
  6. Pilih filter Recent Unfollowers untuk menampilkan daftar dari semua akun yang kamu follow dan baru saja unfollow akun IG kamu.
  7. Untuk melakuan unfollow secara massal dan cepat, kamu memang tidak bisa langsung unfollow semuanya tapi kamu bisa memilih Unfollow 50 From Top atau Unfollow 50 From Bottom.
  8. Akan muncul pemintaan konfirmasi bahwa kamu akan melakukan unfollow pada 50 akun yang sudah kamu pilih. Tekan tombol OK jika kamu sudah yakin untuk melanjutkan proses unfollow.
  9. Tunggu proses unfollow sampai selesai yang ditandai dari berubahnya tombol PENDING menjadi UNFOLLOWING.
  10. Selesai.

Cara Unfollow Banyak Akun Di Instagram HP Iphone

  1. Buka aplikasi Mass Unfollow for Instagram dan login dengan akun instagram kamu.
  2. Setelah itu pilih menu Following / Mengikuti yang ada di menu bagian bawah layar.
  3. Untuk memilih dan menandai akun yang akan kamu unfollow caranya adalah dengan tekan tombol Select / Pilih yang ada di pojok kiri atas layar kemudian tekan avatar / foto profil akun instagram yang akan kamu tandai untuk diunfollow.
  4. Setelah itu tekan tombol Action / Aksi yang ada di pojok kanan atas layar lalu pilih opsi Unfollow / Berhenti Ikuti.
  5. Selesai.

Cara Unfollow Akun Di Instagram yang Tidak Dikenal

Ada beberapa kriteria untuk memudahkan kamu memfilter akun yang tidak dikenal di IG kamu yaitu dengan menggunakan filter Least interacted With / Jarang Berinteraksi. Filter ini biasanya akan memunculkan akun di daftar following dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Akun yang kamu follow namun tidak follow kamu (tidak follback).
  2. Akun yang kamu follow dan memfollow balik tapi tidak / jarang melihat storymu.
  3. Akun yang kamu follow dan memfollow balik tapi tidak / jarang like postinganmu.
  4. Akun yang kamu follow dan memfollow balik tapi tidak / jarang memberi komentar di postinganmu.

Nah, untuk melakukan unfollow pada akun instagram yang tidak kamu kenal caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi instagram lalu buka profil instagram kamu dan tekan angka jumlah Following / Mengikuti.
  2. Setelah itu pada bagian Categories / Kategori, pilih opsi Least interacted With / Jarang Berinteraksi.
  3. Cari dan pilih akun yang akan kamu unfollow. Untuk melakukan unfollow akun caranya adalah dengan tekan tombol Following / Mengikuti sehingga tombol tersebut berubah menjadi Follow / Ikuti.
  4. Selesai.

Cara Unfollow Akun Di Instagram yang Spam / Memenuhi Feed

Terkadang ada juga akun IG yang melakukan spam dengan upload postingan gambar, foto dan video ke instagram secara terus menerus dalam waktu singkat. Nah, akun seperti ini bisa membuat Kabar Beranda / Home Feed instagram kamu dipenuhi oleh postingan akun tersebut sehingga bisa membuat postingan dari akun penting seperti teman, sahabat dan keluarga menjadi "tenggelam" dan jarang muncul saat kamu membuka instagram.

Kamu bisa menemukan akun spam feed seperti itu dengan cara memberikan filter Most Shown in Feed / Paling Banyak Ditampilkan Di Feed.

  1. Buka aplikasi instagram lalu buka profil instagram kamu dan tekan angka jumlah Following / Mengikuti.
  2. Setelah itu pada bagian Categories / Kategori, pilih opsi Most Shown in Feed / Paling Banyak Ditampilkan Di Feed.
  3. Cari dan pilih akun yang akan kamu unfollow. Untuk melakukan unfollow akun caranya adalah dengan tekan tombol Following / Mengikuti sehingga tombol tersebut berubah menjadi Follow / Ikuti.
  4. Selesai.

Video Panduan

Apabila kamu masih bingung, kamu bisa mengikuti video panduan "cara unfollow akun instagram" di channel youtube GadgetLogi berikut ini:

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Terkait