3 Cara Logout WhatsApp Di HP & Laptop Tanpa Hapus Aplikasi

GadgetLogi - WhatsApp memiliki banyak fitur yang selalu di update sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Namun, ada satu fitur yang sampai saat ini belum ada secara resmi di aplikasi whatsapp, yaitu fitur logout. Lantas, apakah ada cara logout whatsapp tanpa melalui menu di aplikasi? tenang, ada kok triknya.

Logout whatsapp berarti mengeluarkan akun yang sedang login dari aplikasi whatsapp. Akan tetapi untuk menjaga keamanan data chat dan media maka jika kamu logout akun whatsapp, semua data chat dan media akan terhapus dari memori penyimpanan perangkat.

Meskipun tidak ada tombol logout di aplikasi whatsapp android, iphone dan kaiOS namun ada cara logout whatsapp yang secara umum diketahui orang yaitu dengan cara uninstall aplikasi wa.

Nah, dengan cara ini tentu saja kamu tidak hanya menghapus data pesan dan media tetapi juga menghapus aplikasi whatsapp itu sendiri sehingga akan membutuhkan kuota internet lagi untuk mendownloadnya.

Jangan khawatir karena ada opsi satu lagi yang bisa kamu gunakan untuk logout akun whatsapp tanpa perlu hapus aplikasi whatsapp. Ingin tahu bagaimana caranya? simak terus, yuk.

Cara Logout WhatsApp Di HP Android Tanpa Hapus Aplikasi

Kamu bisa logout akun whatsapp di HP android tanpa menghapus aplikasi whatsapp sehingga kamu bisa menghemat kuota karena tidak perlu download aplikasi whatsapp lagi dan bisa langsung login kembali.

Ingat, dengan cara logout ini semua data chat dan media di aplikasi whatsapp kamu akan terhapus. Oleh sebab itu silahkan backup terlebih dahulu data akun whatsapp kamu ke Google Drive.

Jika kamu sudah menyimpan data wa kamu ke Googlde Drive maka kamu sudah bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan di HP kamu.
  2. Kemudian cari dan pilih menu Manajemen Aplikasi. Nama menu ini bisa berbeda tergantung pada merk HP namun jangan khawatir karena seharusnya nama menunya masih mirip yaitu mengandung kata aplikasi.
  3. Di halaman Manajemen Aplikasi, pilih menu Daftar aplikasi.
  4. Pada daftar aplikasi yang terinstal di HP android kamu, silahkan scroll ke bawah untuk mencari dan memilih aplikasi WhatsApp.
  5. Kamu akan masuk ke halaman Info aplikasi dari WhatsApp. Di halaman ini silahkan pilih menu Pengaturan penyimpanan.
  6. Setelah kamu ada di halaman Penggunaan penyimpanan dari aplikasi WA silahkan pastikan kembali bahwa akun wa kamu sudah di backup melalui menu backup yang ada di aplikasi WhatsApp.
  7. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol Hapus data. Ingat, jangan salah tombol karena ada dua tombol yang tersedia yaitu Hapus data dan Hapus cache.
  8. Tunggu proses Hapus data aplikasi whatsapp sampai selesai.
  9. Setelah proses Hapus data selesai, silahkan buka kembali aplikasi WhatsApp di HP android kamu yang sudah terlogout untuk login kembali.
  10. Selesai.

Cara Logout WhatsApp Di HP iPhone

Hanya ada satu cara yang saat ini bisa kamu lakukan untuk logout akun whatsapp dari HP iphone kamu yaitu dengan cara uninstal aplikasi whatsapp.

Ingat, dengan cara logout ini semua data chat dan media di aplikasi whatsapp kamu akan terhapus. Oleh sebab itu silahkan backup terlebih dahulu data akun whatsapp kamu ke Google Drive.

Jika kamu sudah menyimpan data wa kamu ke Googlde Drive maka kamu sudah bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Settings di HP iphone kamu lalu scroll ke bawah dan pilih menu General.
  2. Pada halaman General, silahkan cari dan pilih menu iPhone Storage.
  3. Tunggu beberapa saat sampai penghitungan dari penggunaan memori penyimpanan di HP iphone kamu sampai selesai.
  4. Setelah itu scroll ke bawah lalu cari dan pilih WhatsApp.
  5. Setelah kamu ada di halaman pengaturan dari aplikasi WA silahkan pastikan kembali bahwa akun wa kamu sudah di backup melalui menu backup yang ada di aplikasi WhatsApp.
  6. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol Delete App. Ingat, jangan salah tombol karena ada dua tombol yang tersedia yaitu Delete App dan Offload App.
  7. Tunggu proses penghapusan aplikasi whatsapp sampai selesai.
  8. Setelah proses hapus aplikasi whatsapp sudah selesai, silahkan pasang lagi aplikasi whatsapp melalui App Store untuk bisa login kembali.
  9. Selesai.

Cara Logout WhatsApp Web

WA Web berbeda dengan aplikasi WA di HP karena bisa di logout tanpa perlu menghapus data chat dan media.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka https://web.whatsapp.com/ melalui web browser di laptop kamu.
  2. Setelah WA Web selesai dimuat, klik tombol tiga titik vertikal yang ada di sebelah kanan foto profil kamu.
  3. Pada daftar menu yang muncul, silahkan klik menu yang ada di bagian paling bawah yaitu menu Keluar.
  4. Tunggu proses logout sampai selesai.
  5. Tanda dari proses logout whatsapp web telah berhasil adalah munculnya QR Code untuk login whatsapp web.
  6. Selesai.

Cara Logout WhatsApp Desktop

WA Desktop berbeda dengan aplikasi WA di HP karena bisa di logout tanpa perlu unintall software dan tanpa menghapus data chat dan media.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp versi Desktop di laptop kamu.
  2. Setelah WA Desktop selesai dimuat, klik tombol panah dengan arah ke bawah yang ada di sebelah kanan foto profil kamu.
  3. Pada daftar menu yang muncul, silahkan klik menu yang ada di bagian paling bawah yaitu menu Log out.
  4. Tunggu proses logout sampai selesai.
  5. Tanda dari proses logout whatsapp desktop telah berhasil adalah munculnya QR Code untuk login whatsapp desktop.
  6. Selesai.

Video Panduan

Apabila kamu masih bingung, kamu bisa menonton video panduan "cara logout whatsapp" di channel youtube GadgetLogi berikut ini:

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terkait