3 Cara Update Aplikasi WhatsApp Kadaluarsa (Android & iPhone)

GadgetLogi - Aplikasi WhatsApp di HP kamu tidak bisa dibuka karena versinya sudah kadaluarsa? jangan khawatir, solusinya sangat mudah yaitu dengan cara update aplikasi whatsapp di HP kamu menjadi versi terbaru.

Bagaimana caranya? yuk simak panduan bergambar serta video dari GadgetLogi mengenai 3 cara mudah memperbarui versi aplikasi WhatsApp di HP android dan juga HP iphone.

Jika kamu masih menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama dan kamu sudah sangat lama tidak mengupdatenya, maka setelah 14 hari pihak WhatsApp akan memberitahu kamu saat kamu membuka aplikasi WhatsApp untuk segera melakukan pembaruan aplikasi.

Jika kamu tidak mengupdate aplikasi WA versi lawas setelah batas waktu yang telah ditentukan maka kamu tidak akan bisa masuk ke aplikasinya.

Nah, meskipun aplikasi WA yang tidak bisa dibuka karena kadaluarsa terkadang bisa diakali dengan mengubah tanggal pada HP namun cara tersebut tidak Gadgetlogi anjurkan karena pentingnya update aplikasi WA.

Sebelum masuk ke panduan cara update whatsapp, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu kenapa update whatsapp itu penting.

Kenapa Perlu Update Aplikasi WhatsApp?

Tahukah kamu kalau melakukan update pada aplikasi whatsapp adalah hal yang sangat penting, berikut adalah alasan utamanya:

  1. Untuk bisa mendapatkan fitur terbaru WhatsApp.
  2. Aplikasi WhatsApp menjadi lebih aman. Ingat, whatsapp biasanya juga berisi percakapan penting dan bahkan berisi dokumen, foto dan video pribadi.
  3. Aplikasi WhatsApp menjadi lebih ringan, lancar dan stabil.

Sebagai contoh, pada tanggal 10 Juni 2020 pihak WhatsApp merilis pembaruan penting yang memungkinkan aplikasi WhatsApp untuk digunakan group video call dan juga group voice call sampai dengan 8 orang. Namun dengan syarat setiap orang harus sudah memiliki aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru.

Sekilas Mengenai Update Aplikasi WhatsApp

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan:

  1. Apakah update WA akan menghilangkan / menghapus chat dan media (foto, video, audio) yang ada di aplikasi WA?
    Jawabannya adalah TIDAK.
  2. Apakah update WA akan mengeluarkan kamu dari semua grup chat?
    Jawabannya adalah TIDAK.
  3. Apakah update WA akan membuat HP menjadi lemot / lag / lambat?
    Jawabannya adalah TIDAK. Karena selama pihak WhatsApp menyediakan pembaruan untuk HP kamu melalui Play Store atau App Store maka versi aplikasi whatsapp tersebut adalah yang paling pas untuk spesifikasi (processor, RAM) HP kamu sehingga aplikasi WA tersebut akan berjalan dengan aman, lancar, stabil dan ringan untuk HP kamu.

Nah, sekarang kamu sudah bisa masuk ke langkah-langkahnya. Silahkan pilih cara update whatsapp yang sesuai dengan jenis HP kamu, ya.

HP Android Melalui Google Play Store

Cara paling mudah untuk update aplikasi WA di android adalah melalui menu update aplikasi di Google Play Store.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka aplikasi Play Store di HP android kamu. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang aktif.
  2. Di dalam aplikasi Play Store, tekan tombol Cari lalu ketik whatsapp dan tekan tombol Cari sekali lagi.
  3. Tunggu proses pencarian aplikasi WhatsApp sampai selesai.
  4. Selanjutnya, pilih jenis aplikasi WhatsApp yang ingin kamu perbaharui yaitu aplikasi WhatsApp Messenger atau aplikasi WhatsApp Business.
  5. Jika terdapat pembaruan versi terbaru dari aplikasi WhatsApp maka akan muncul tombol hijau dengan tulisan Update di sebelah kanan nama aplikasi.
  6. Tekan tombol Update untuk memulai proses pembaruan aplikasi WhatsApp versi lawas ke versi terbaru.
  7. Silahkan tunggu proses update sampai selesai karena pada tahap ini disarankan untuk kamu tidak membuka aplikasi whatsapp yang sedang di update
  8. Jika tombol Buka sudah berwarna hijau maka proses update WA sudah selesai dan aplikasi whatsapp versi terbaru sudah siap dibuka dan digunakan kembali.
  9. Selesai.

HP Android Tanpa Melalui Google Play Store

Keuntungan dari update aplikasi whatsapp tanpa melalui Google Play Store adalah kamu bisa mengirimkan APK whatsapp tersebut ke orang lain atau bahkan ke HP kamu yang lain sehingga bisa menghemat kuota.

Sebaiknya jangan download APK whatsapp di situs lain selain situs resmi whatsapp yaitu whatsapp.com agar keamanan dari APK whatsapp tersebut terjamin dan juga bebas virus ataupun malware.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi web browser lalu buka https://www.whatsapp.com/android/.
  2. Setelah situs resmi update whatsapp selesai dimuat, silahkan tekan tombol UNDUH SEKARANG berwarna hijau yang ada di tengah halaman.
  3. Setelah itu akan muncul pesan konfirmasi tentang pengunduhan APK WhatsApp dengan versi terbaru. Pada tahap ini kamu bisa memilih tempat penyimpanan yang akan kamu gunakan, bisa memori internal ataupun memori external. Untuk memulai proses download, tekan tombol Oke.
  4. Tunggu proses download APK whatsapp versi terbaru sampai selesai.
  5. Jika sudah selesai proses download nya, buka file WhatsApp.apk yang sudah kamu download lalu tekan tombol PASANG.
  6. Silahkan tunggu proses instalasi sampai selesai dan jangan membuka aplikasi WA versi lawas di HP android kamu terlebih dahulu.
  7. Selesai, aplikasi WhatsApp versi lawas kamu sudah menjadi versi terbaru dan silahkan dibuka dan digunakan kembali.

HP Iphone Melalui Apple App Store

Kamu tidak bisa mendownload aplikasi iphone selain dari Apple App Store sehingga hanya ada satu cara update whatsapp di HP iphone yaitu melalui App Store.

Berikut adalah langkah-langkah cara update whatsapp di HP iphone:

  1. Buka App Store di HP iphone kamu lalu tekan foto profil kamu yang ada di pojok kanan atas layar.
  2. Setelah kamu masuk ke halaman Account, langkah selanjutnya adalah melakukan refresh dengan cara scroll ke arah bawah sampai muncul ikon loading di bagian atas layar.
  3. Lalu saat HP bergetar sebentar, silahkan lepas scroll dan tunggu proses refresh sampai selesai.
  4. Silahkan scroll ke bawah dan cari aplikasi WhatsApp.
  5. Jika terdapat pembaruan versi terbaru aplikasi WhatsApp maka akan muncul tombol dengan tulisan Update sebelah kanan nama aplikasi..
  6. Tekan tombol Update untuk memulai proses pembaruan aplikasi WhatsApp versi lawas ke versi terbaru. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai karena pada tahap ini disarankan untuk kamu tidak membuka aplikasi whatsapp yang sedang di update.
  7. Setelah proses update whatsapp selesai, maka tombol Update akan berubah menjadi tombol Open yang menandakan aplikasi WA di HP iphone kamu telah berhasil di update ke versi terbaru dan siap dibuka untuk digunakan kembali.
  8. Selesai.

Video Panduan

Jika kamu masih bingung, kamu bisa menonton video "cara update aplikasi whatsapp" di channel youtube Gadgetlogi berikut ini:

Semoga bermanfaat.

Terkait