4 Cara Cek Kuota Smartfren Terbaru, FUP & Masa Aktif

GadgetLogi - Smartfren menyediakan 4 cara cek kuota smartfren yang terdiri dari cara online dan cara offline. Cara offline sangat berguna agar pulsa kamu tidak terpotong saat kuota internet tinggal sedikit.

Kamu bisa cek kuota paket internet smartfren melalui HP dan juga laptop dengan dan tanpa instal aplikasi. Penasaran bagaimana caranya? simak artikel ini sampai selesai, yuk.

Selain menyediakan paket internet unlimited, smartfren juga menyediakan paket internet kuota yang jika dibandingkan dengan operator lain bisa dibilang smartfren menyediakan paket internet dengan kuota besar dengan harga yang murah.

Nah, meski tersedia dengan nama paket internet unlimited namun paket internet ini sebenarnya memiliki batasan atau limit penggunaan yang dinamakan FUP (Fair Usage Policy).

FUP pada paket internet unlimited smartfren berarti batas maksimal kuota internet dalam sehari yang bisa kamu gunakan dengan kecepatan internet yang cepat (full speed).

Jadi ketika kamu sudah mencapai FUP misalnya 1GB dalam sehari maka kecepatan internet kamu akan diturunkan. Sistem FUP diterapkan dengan tujuan agar seluruh pengguna internet smartfren bisa secara adil mendapat kecepatan internet yang cepat.

Berikut adalah cara cek kuota smartfren terbaru di tahun 2020.

Kode Dial Telepon (USSD)

Salah satu cara cek kuota internet smartfren tanpa aplikasi adalah melalui kode dial telepon *995#. Metode kode dial ini bisa kamu gunakan di berbagai jenis HP misalnya HP android, HP iphone dan bahkan feature phone.

Dengan menggunakan opsi ini, informasi mengenai sisa kuota dan masa aktif paketan internetmu akan langsung muncul di layar HP kamu melalui fitur USSD.

Berikut adalah contoh tampilan informasi dari operator seluler yang ditampilkan melalui USSD.

Kelebihan dari memeriksa kuota internet smartfren dengan kode dial adalah gratis dan sangat cepat.

Selain itu, keuntungan yang paling besar dari cek kuota smartfren melalui kode dial adalah kamu bisa melakukan cek tanpa perlu sinyal yang bagus karena kamu tidak perlu koneksi internet sama sekali.

Sehingga jika kamu sedang berada di tempat dengan sinyal yang kurang bagus, misalnya hanya 2G maka jangan khawatir karena kamu tetap bisa melakukan cek melalui kode dial.

Sedangkan kekurangan dari cara ini adalah setelah kamu mendapat informasi seperti kuota, masa aktif maka informasi tersebut tidak tersimpan di HP kamu.

Informasi yang telah kamu dapatkan akan hilang setelah kamu menutupnya sehingga untuk mengetahuinya kembali maka kamu harus mengulangi proses cek dengan kode dial lagi.

Singkatnya, kamu tidak punya arsip dari informasi yang kamu dapatkan kecuali jika informasi dari USSD muncul dan kamu menscreenshotnya sehingga tersimpan di galeri foto HP kamu.

Berikut adalah langkah-langkah cara cek kuota smartfren melalui kode dial telepon:

  1. Buka aplikasi Telepon/Panggilan di HP kamu.
  2. Lalu ketik *995#.
  3. Kemudian tekan Panggil/OK.
  4. Tunggu beberapa saat sampai informasi kuota dan masa aktif internet muncul di layar HP kamu.
  5. Selesai.

SMS

Cara cek kuota internet smartfren tanpa aplikasi selanjutnya adalah melalui SMS ke nomor 995 (Smartfren). Metode SMS ini bisa kamu gunakan di berbagai jenis HP misalnya HP android, HP iphone dan bahkan feature phone.

Dengan menggunakan opsi ini, informasi mengenai sisa kuota dan masa aktif paketan internetmu akan dikirimkan dalam bentuk SMS.

Kelebihan dari memeriksa kuota internet smartfren dengan SMS adalah gratis, cepat dan tersimpan sebagai arsip berupa SMS yang bisa kamu lihat kapan saja.

Selain itu, keuntungan yang paling besar dari cek kuota smartfren melalui SMS adalah kamu bisa melakukan cek tanpa perlu sinyal yang bagus karena kamu tidak perlu koneksi internet sama sekali.

Sehingga jika kamu sedang berada di tempat dengan sinyal yang kurang bagus, misalnya hanya 2G maka jangan khawatir karena kamu tetap bisa melakukan cek melalui SMS.

Berikut adalah langkah-langkah cara cek kuota smartfren via SMS ke 995:

  1. Buka aplikasi Pesan/SMS di HP kamu.
  2. Kemudian buat pesan baru.
  3. Isi pesan dengan "Cek" tanpa tanda kutip dan kirim ke nomor 995.
  4. Tunggu beberapa saat sampai kamu menerima SMS balasan dari 995 (Smartfren).
  5. SMS yang kamu dapat akan berisi informasi sisa kuota dan masa aktif paket internet kamu.
  6. Selesai.

Aplikasi MySmartfren

Instal terlebih dahulu aplikasi mySF dari Play Store jika kamu menggunakan HP android atau instal aplikasi MySmartfren dari App Store jika kamu menggunakan HP iphone.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan tombol download aplikasi MySmartfren sesuai dengan jenis HP kamu di bawah ini:

mySF (Android) Logo
mySF (Android)
MySmartfren (iOS) Logo
MySmartfren (iOS)

Kelebihan dari cek kuota smarfren melalui aplikasi adalah tampilan informasi yang lebih modern dan enak dibaca.

Sedangkan kekurangannya adalah kamu harus mengaktifkan jaringan internet dengan sinyal 3G, 4G atau bisa juga dengan menggunakan koneksi internet dari WiFi.

Pada intinya aplikasi MySmarfren memerlukan koneksi internet (online) agar bisa digunakan.

Berikut adalah langkah-langkah cara cek kuota smartfren melalui aplikasi resmi MySmarfren:

  1. Jika HP kamu memiliki 2 slot kartu SIM, pastikan nomor smartfren kamu ada di slot pertama.
  2. Aktifkan koneksi internet di HP kamu, bisa dengan data seluler ataupun WiFi.
  3. Buka aplikasi mySF / MySmartfren.
  4. Masukkan nomor HP smartfren kamu di kolom yang disediakan untuk login ke dalam aplikasi.
  5. Setelah itu buka menu Paket Saya untuk melihat informasi lengkap mengenai kuota paket internet smartfren yang kamu miliki saat ini.
  6. Selesai.

Web Browser

Kamu bisa mengecek kuota smartfren di website resmi MySmartfren yaitu di https://my.smartfren.com/ yang bisa kamu akses malalui web browser seperti Google Chrome dan Firefox di HP android, HP iphone dan juga laptop.

Kelebihan dari cek kuota smarfren melalui web browser adalah kamu tidak perlu instal aplikasi di HP atau laptop kamu. Tampilan informasi yang ada juga ditampilkan lebih modern dan enak dibaca.

Sedangkan kekurangannya adalah kamu harus mengaktifkan jaringan internet dengan sinyal 3G, 4G atau bisa juga dengan menggunakan koneksi internet dari WiFi.

Berikut adalah langkah-langkah cara cek kuota smartfren melalui web browser di website resmi smartfren:

  1. Buka web browser di HP atau laptop kamu lalu buka situs web resmi MySmartfren yaitu https://my.smartfren.com/.
  2. Kemudian silahkan login dengan User Id / Email dan Password smartfren kamu. Jika kamu belum pernah mendaftar, silahkan daftar terlebih dahulu dan masukan nomor HP smartfren yang kamu gunakan.
  3. Jika sudah login, klik tombol Detail yang ada di bagian informasi paket internet.
  4. Tunggu beberapa saat dan informasi kuota internet, masa aktif dan juga bonus akan ditampilkan.
  5. Selesai.

Kenapa Perlu Cek Kuota Internet Smartfren?

Jika kamu menggunakan paket internet kuota dari smartfren dan kuota internetmu habis maka koneksi internetmu akan terputus sehingga kamu harus membeli paket internet lagi.

Cek kuota pada paket internet kuota berguna agar kamu bisa mengontrol penggunaan kuota internet yang tersedia sehingga tidak habis ketika kamu perlu koneksi internet.

Kemudian jika kamu menggunakan paket internet unlimited dari smartfren dan kuota FUP kamu sudah habis maka koneksi internetmu akan diperlambat.

Meskipun koneksi internet setelah mencapai FUP masih bisa digunakan dengan lancar untuk bermain game ataupun untuk chat di aplikasi seperti WhatsApp.

Namun dengan koneksi internet yang diperlambat tentunya tidak nyaman jika digunakan untuk aktifitas lain seperti browsing, instagram, tiktok dan juga youtube.

Cek kuota pada paket internet unlimited berguna agar kamu bisa mengontrol penggunaan kuota FUP yang tersedia sehingga tidak habis ketika kamu memerlukan koneksi internet yang cepat.

Video Panduan

Apabila kamu masih bingung, kamu bisa menonton video panduan "cara cek kuota smartfren terbaru" di channel youtube GadgetLogi berikut ini:

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Catatan Penting

Gadgetlogi rekomendasikan kamu untuk menggunakan opsi cek kuota dengan kode dial dan SMS jika kamu berlangganan paket internet kuota smartfren. Kedua opsi ini tidak mengharuskan kamu untuk mengaktifkan koneksi internet (data seluler).

Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga agar pulsa kamu tidak tersedot ketika kamu mengaktifkan data seluler dan ternyata kuota internet kamu habis lalu ada aplikasi lain yang berjalan di HP kamu dan aplikasi tersebut menggunakan koneksi internet.

Terkait