3 Cara Cek Kuota Indihome, FUP & Pemakaian, Bisa Melalui HP Dan Laptop

GadgetLogi - Kuota indihome kamu habis disaat yang tidak tepat? Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi, kamu bisa menggunakan panduan bergambar serta video mengenai 3 cara cek kuota indihome yang akan GadgetLogi bahas di artikel ini.

Kuota indihome bisa kamu cek di web dan aplikasi indihome melalui HP dan juga laptop.

Penasaran bagaimana caranya? simak artikel ini sampai selesai, ya.

Berikut 3 cara cek kuota internet indihome melalui HP (android atau iphone) dan juga di laptop.

Cara Cek Kuota Indihome Di HP

Ada 2 macam cara cek kuota indihome di HP yaitu melalui web browser dan melalui aplikasi resmi indihome. Aplikasi tersebut bernama myIndihome dan tersedia untuk HP android dan juga HP iphone.

Melalui Aplikasi myIndihome

Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi myIndihome di HP android atau HP iphone kamu melalui tombol download di bawah ini:

myIndiHome (Android) Logo
myIndiHome (Android)
myIndiHome (iOS) Logo
myIndiHome (iOS)

Jika aplikasi myIndihome sudah terinstal, kamu bisa mulai mengikuti langkah-langkah cara cek kuota indihome melalui aplikasi myIndihome berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi myIndihome di HP kamu.
  2. Lalu silahkan login dengan nomor indihome kamu.
  3. Kemudian kamu akan masuk ke halaman beranda yang biasanya sudah tertera ringkasan informasi mengenai total pemakaian internet saat ini. Namun pada halaman ini terkadang terjadi error sehingga hanya muncul NaN GB (tidak ada data). Cara mengatasi error ini adalah dengan merestart aplikasi yaitu dengan menutup dan membukanya kembali.
  4. Langkah selanjutnya untuk melihat informasi yang lebih detail silahkan masuk ke menu Status Langganan yang ada di pojok kiri atas.
  5. Setelah halaman Status Langganan terbuka maka kamu bisa melihat Paket Internet, Kecepatan Internet, Total Pemakaian Internet dan Kuota Pemakaian Internet (FUP).
  6. Selesai.

Melalui Web Resmi Indihome

Opsi ini bisa kamu pilih untuk cek kuota indihome dari HP tanpa instal aplikasi.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka situs web indihome.co.id menggunakan aplikasi web browser di HP kamu.
  2. Setelah itu tekan tombol Menu yang ada di pojok kanan atas layar dan pilih menu MASUK.
  3. Kemudian silahkan login dengan nomor indihome kamu.
  4. Setelah kamu berhasil login, informasi kuota indihome akan muncul di bagian Internet. Angka di sebelah kiri adalah total pemakaian internet saat ini. Sedangkan angka di sebelah kanan adalah FUP dari paket internet indihome kamu.
  5. Untuk melihat informasi yang lebih detail silahkan tekan gambar akun yang ada di sebelah kiri atas lalu pilih menu Status Langganan.
  6. Di halaman Status Langganan kamu bisa melihat Paket Internet, Kecepatan Internet, Total Pemakaian Internet dan Kuota Pemakaian Internet (FUP).
  7. Selesai.

Cara Cek Kuota Indihome Di Laptop

Melalui Web Resmi Indihome

Opsi ini bisa kamu pilih untuk cek kuota indihome dari laptop tanpa aplikasi tambahan dan hanya memerlukan web browser.

Kamu bisa menggunakan cara ini di segala jenis laptop dan sistem operasi seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10, Linux dan bahkan MacBook asalkan laptop tersebut dapat mengakses internet melalui web browser.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs web indihome.co.id menggunakan web browser di laptop kamu.
  2. Selanjutnya silahkan login dengan nomor indihome kamu.
  3. Setelah kamu berhasil login, informasi kuota indihome akan muncul di bagian Internet. Angka di sebelah kiri adalah total pemakaian internet saat ini. Sedangkan angka di sebelah kanan adalah FUP dari paket internet indihome kamu
  4. Untuk melihat informasi yang lebih detail silahkan klik nama profil yang ada di kanan atas lalu pilih menu Status Langganan.
  5. Di halaman Status Langganan kamu bisa melihat Paket Internet, Kecepatan Internet, Total Pemakaian Internet dan Kuota Pemakaian Internet (FUP).
  6. Selesai.

Sekilas Tentang Kuota Indihome

Mengapa ada FUP pada indihome? seperti yang kita tahu, indihome memiliki jaringan yang lebih cepat dari speedy karena menggunakan jaringan fiber optic.

Oleh karena itu kecepatan internet yang diberikan sangat berbeda jauh sehingga jika tidak ada kuota batas wajar penggunaan dikawatirkan banyak pengguna yang menggunakan internet secara tidak wajar yang berakibat pada terganggunya jaringan yang kemudian berimbas pada pengguna indihome lain.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena indihome fiber memberikan kuota FUP yang sangat besar dan ketentuan FUP ini berlaku bagi seluruh pelanggan IndiHome Fiber dengan minimal kecepatan 10 Mbps.

Layanan IndiHome di bawah 10 Mbps tidak dikenakan FUP. FUP hanya diberlakukan untuk layanan Internet sehingga pengguna UseeTV dibebaskan dari FUP. (Sumber: KEBIJAKAN FAIR USAGE POLICY IndiHome)

Nah, untuk mencegah kuota indihome habis disaat yang tidak tepat, Gadgetlogi sarankan kamu mengecek kuota indihome kamu secara berkala mulai dari FUP dan juga total pemakaian internet.

Video Panduan

Apabila kamu masih bingung, kamu bisa menonton video panduan "cara cek kuota indihome terbaru" di channel youtube GadgetLogi berikut ini:

Semoga cara tersebut bermanfaat dan selamat mencoba.

Terkait