Cara Logout Akun Di Aplikasi Gmail Pada HP Android & iPhone

GadgetLogi - Sudah menjadi hal umum jika membahas email maka Gmail adalah yang muncul di benak kebanyakan orang. Selain kemudahan mengakses email lewat browser, gmail juga memiliki aplikasi di hp android dan juga hp iphone dengan fitur yang lengkap dan memudahkan penggunanya seperti notifikasi dan antarmuka yang mudah digunakan.

Namun ada satu fitur yang belum ada di aplikasi gmail android yaitu fitur Logout / Keluar akun. Mengapa demikian? mungkin pihak google tidak menyediakan fitur logout pada aplikasi gmail adalah karena akun google yang di gunakan pada aplikasi gmail adalah akun google yang digunakan oleh HP android. Sehingga pengguna hanya diberi pilihan untuk berganti akun dan bukan logout akun.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa memaksa aplikasi gmail android melogout akun google? misalnya saja kamu meminjam HP teman atau sebaliknya untuk mengecek email melalui aplikasi gmail dan setelah selesai kamu ingin melogoutnya dari HP tersebut. Nah, berikut cara yang bisa kamu gunakan untuk memaksa aplikasi gmail android untuk mengeluarkan akun gmail kamu.

Ada sedikit perbedaan prosedur untuk melogout gmail dari aplikasi gmail HP android dan hp iphone. Silahkan ikuti cara logout yang sesuai dengan sistem operasi HP kamu.

Cara Logout Akun Di Aplikasi Gmail HP Android

  1. Pertama, buka Settings di HP android kamu.
  2. Cari dan pilih menu Users & Accounts. Nama menu bisa berbeda di tiap merk HP namun biasanya tidak jauh berbeda.
  3. Kemudian cari dan pilih Google.
  4. Selanjutnya pilih akun Gmail yang akan kamu logout.
  5. Lalu tekan tombol menu tambahan yang biasanya ada di pojok kanan atas layar dan pilih opsi Remove account.
  6. Maka akan muncul pesan permintaan konfirmasi bahwa kamu akan menghapus akun gmail tersebut dan semua data yang telah tersimpan di HP seperti email dan kontak akan di hapus dari HP tersebut. Jangan khawatir, data akun google kamu tidak akan dihapus karena data yang dihapus hanya yang ada di HP saja. Jika sudah yakin silahkan tekan tombol Remove account.
  7. Selesai. Sekarang akun gmail kamu sudah terlogout dari aplikasi gmail.

Cara Logout Akun Di Aplikasi Gmail HP iPhone

Aplikasi gmail di iphone berbeda dengan aplikasi gmail android karena memiliki fitur logout.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Gmail di HP iphone kamu lalu tekan foto profil di pojok kanan atas layar.
  2. Setelah itu pilih menu Manage accounts on this device.
  3. Lalu tekan tombol Remove from this device yang ada di bawah akun gmail yang akan kamu logout.
  4. Maka akan muncul pesan permintaan konfirmasi bahwa kamu akan menghapus akun gmail tersebut dan semua data yang telah tersimpan di HP seperti email dan kontak akan di hapus dari HP tersebut. Jangan khawatir, data akun google kamu tidak akan dihapus karena data yang dihapus hanya yang ada di HP saja. Jika sudah yakin silahkan tekan tombol Remove.
  5. Tunggu proses logout yang berjalan.
  6. Selesai.

Video Panduan

Jika kamu masih bingung, kamu bisa menonton panduan ini dalam format video di channel youtube GadgetLogi berikut ini:

Semoga bermanfaat.

Terkait