3 Cara Edit File PDF Di HP Dan Laptop, Bisa Secara Online!

GadgetLogi - Portable Document Format atau yang lebih dikenal dengan file PDF adalah jenis dokumen yang dibuat oleh perusahaan bernama Adobe. File PDF memiliki kelebihan yaitu dapat dibuka di perangkat apapun tanpa memerlukan aplikasi khusus dan bahkan bisa dibuka dengan menggunakan web browser seperti Chrome dan Firefox.

Dibalik kemudahan yang ditawarkan, PDF memiliki satu kekurangan yaitu untuk mengeditnya dengan sempurna diperlukan aplikasi khusus yang disediakan pihak Adobe.

Aplikasi edit PDF yang resmi adalah aplikasi berbayar dengan nama Acrobat Pro DC dan Acrobat Standard DC. Harga aplikasi ini pun terbilang relatif mahal karena menggunakan sistem berlangganan sehingga kamu harus membayar setiap bulannya lebih dari Rp. 300.000.

Selain mengedit menggunakan aplikasi resmi dari Adobe, ada beberapa alternatif cara gratis yang bisa kamu gunakan untuk bisa mengedit file PDF di komputer dan juga HP.

Cara Mengedit File PDF Di Laptop Menggunakan Microsoft Word

Dengan cara ini kamu bisa mengedit file pdf tanpa memerlukan koneksi internet (offline). Aplikasi kamu butuhkan adalah Microsoft Word versi 2013, 2016, 2019 atau bisa juga Microsoft Word 365. Berikut adalah langkah-langkah mengedit file pdf dengan aplikasi microsoft word.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Klik menu File lalu pilih Open. Atau bisa juga dengan kombinasi keyword Ctrl + O.
  3. Cari dan pilih file PDF yang akan di edit lalu klik tombol Open.
  4. Pada tahap ini kamu sudah bisa mengedit file PDF yang kamu pilih.
  5. Untuk menyimpan hasil pengeditan, klik menu File lalu pilih menu Save As dan pilih format PDF.

Cara Mengedit File PDF Di Laptop Menggunakan Google Drive

Jika kamu tidak memiliki aplikasi Microsoft Word dengan versi minimal 2013, kamu bisa menggunakan cara ini yaitu dengan mengedit file pdf dengan Google Docs. Namun dengan menggunakan cara ini kamu harus memiliki koneksi internet (online). Berikut adalah langkah-langkah mengedit file pdf dengan google docs.

  1. Langkah pertama, buka Google Drive melalui web browser.
  2. Selanjutnya klik tombol tambah (+) yang ada di pojok kiri atas layar dan pilih menu Upload file.
  3. Cari dan pilih file PDF yang akan kamu edit.
  4. Setelah proses upload selesai, klik kanan pada file pdf yang akan di edit kemudian pilih menu Buka dengan -> Google Dokumen.
  5. Pada tahap ini kamu sudah bisa mengedit file PDF yang telah kamu upload.
  6. Jika sudah selesai mengedit dan ingin menyimpan caranya adalah dengan klik menu File -> Download -> Documen PDF (.pdf).
  7. Selesai.

Cara Mengedit File PDF di HP Menggunakan Aplikasi Microsoft Word

Kamu bisa mengedit file PDF di HP android dan juga HP iphone menggunakan aplikasi Microsoft Word yang bisa kamu instal melalui Play Store dan juga App Store. Jadi sebelum mengikuti langkah-langkah berikut ini silahkan instal aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu di HPmu.

Microsoft Word (Android) Logo
Microsoft Word (Android)
Microsoft Word (iOS) Logo
Microsoft Word (iOS)
  1. Buka aplikasi Microsoft Word di HPmu lalu pilih tombol "Masuk Nanti”.
  2. Untuk memilih dokumen pdf yang akan diedit, klik tombol "Buka" yang ada di pojok kanan bawah layar.
  3. Setelah itu pilih “Perangkat Ini” dan kamu akan diarahkan ke File manager untuk mencari dan memilih file pdf yang akan di edit.

  4. Langkah selanjutnya untuk memulai pengeditan adalah dengan tekan tombol bergambar alat tulis yang ada di samping kiri tombol pencarian.
  5. Jika muncul pesan peringatan konversi pdf ke word, pilih opsi “OK”.
  6. Pada tahap ini kamu sudah bisa mengedit pdf yang kamu pilih.
  7. Untuk menyimpan hasil pengeditan, tekan tombol bergambar tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas layar lalu pilih menu "Bagikan sebagai PDF".

Video Panduan

Versi video dari artikel ini dapat kamu tonton di channel youtube GadgetLogi berikut ini:

Selamat mencoba dan semoga apa yang Gadgetlogi bagikan dapat dipahami dengan mudah.

Catatan Penting

Aplikasi Microsoft Word dan Google Docs dapat digunakan secara gratis untuk mengedit file PDF namun terkadang hasil pengeditannya tidak sempurna terutama jika file PDF yang diedit memiliki isi dengan format yang kompleks. Jika kamu memang perlu untuk mengedit file PDF yang kompleks, Gadgetlogi sarankan untuk menggunakan aplikasi edit PDF resmi yaitu Acrobat Pro DC dan Acrobat Standard DC.

Terkait