3 Cara Cek Kecepatan Internet, Gunakan Cara Ini Dijamin Akurat

GadgetLogi - Kualitas dari jaringan internet akan sangat berimbas pada kenyamanan para penggunanya. Pada umumnya, kualitas dari koneksi internet ditentukan oleh 3 parameter utama yaitu:

  1. Seberapa besar kecepatan download.
  2. Seberapa besar kecepatan upload.
  3. Seberapa kecil ping.

Untuk mengetahui ketiga parameter penentu kualitas koneksi internet tersebut, kamu perlu menggunakan aplikasi ataupun website yang menyediakan fitur cek dan tes koneksi internet.

Kegunaan Cek Koneksi Internet

Cek koneksi internet digunakan untuk mengetahui kualitas dari jaringan internet yang kamu gunakan. Hal ini akan sangat penting jika koneksi internet yang kamu punya akan digunakan untuk hal-hal penting seperti menyiarkan / streaming acara, pengumuman, lomba dan pekerjaan.

Tes koneksi internet juga bisa digunakan untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan kualitas koneksi internet yang sesuai dengan paket internet yang kamu bayar.

Cara Cek Kecepatan Internet Di HP Tanpa Aplikasi

Cara paling mudah dan cepat untuk melakukan tes kecepatan internet di HP android dan juga HP iphone adalah dengan menggunakan web browser seperti Google Chrome dan Firefox.

Cara ini akan sangat berguna bila kamu tidak ingin menginstal aplikasi yang bisa jadi membuat memori penyimpanan HP kamu menjadi penuh dengan aplikasi yang sebenarnya sangat jarang digunakan.

Speedtest.net

Speedtest.net adalah website cek kecepatan internet yang paling populer dan paling lengkap pilihan server yang tersedia. Cara menggunakan speedtest.net adalah buka dengan web browser di HP kamu lalu klik tombol Mulai dan tunggu sampai proses selesai.

Google.co.id

Cara cek kecepatan jaringan internet menggunakan google adalah dengan melakukan pencarian dengan kata kunci "uji jaringan internet" atau "speedtest" tanpa tanda petik lalu tekan tombol Jalankan Uji Kecepatan untuk memulai tesnya.

Fast.com

Fast.com merupakan website cek kecepatan internet yang dimiliki oleh Netflix. Cara melakukan tes kecepatan internet di fast.com adalah buka fast.com di web browser maka tes akan berjalan secara otomatis. Tunggu beberapa saat sampai hasil kecepatan internetmu muncul.

Speedof.me

Cara tes kecepatan internet di speedof.me adalah dengan buka web ini di web browser lalu tekan tombol Start Test.

Cara Cek Kecepatan Internet Di HP Dengan Aplikasi

Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan cek kecepatan koneksi internet antara lain sebagai berikut.

Aplikasi Speedtest

Aplikasi ini tersedia di Play Store dan juga App Store. Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu dengan buka aplikasi Speedtest lalu tekan tombol Mulai.

Speedtest (Android) Logo
Speedtest (Android)
Download
Speedtest (iOS) Logo
Speedtest (iOS)
Download

Aplikasi Fast

Aplikasi buatan Netflix ini juga sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu membukanya dan proses pengukuran kecepatan koneksi internet akan berjalan secara otomatis dan kamu tinggal menunggu sebentar untuk mendapatkan hasilnya.

FAST Speed Test (Android) Logo
FAST Speed Test (Android)
Download
FAST Speed Test (iOS) Logo
FAST Speed Test (iOS)
Download

Aplikasi Internet Speed Test

Aplikasi cek kecepatan internet ini memiliki antarmuka yang futuristik namun tetap mudah digunakan. Untuk melakukan tes koneksi internet caranya adalah dengan buka aplikasi Internet Speed Test lalu tekan tombol Start yang ada di tengah layar.

Internet Speed Test (Android) Logo
Internet Speed Test (Android)
Download
Internet Speed Test (iOS) Logo
Internet Speed Test (iOS)
Download

Cara Cek Kecepatan Internet Di Laptop Tanpa Aplikasi

Google.co.id

Mungkin masih belum banyak orang yang tahu bahwa Google mempunyai fitur untuk mengecek kecepatan jaringan internet yang bisa kamu gunakan di laptop. Cara mengetes jaringan internet menggunakan google adalah dengan melakukan pencarian dengan kata kunci "uji jaringan internet" tanpa tanda petik.

Kemudian klik tombol Jalankan Uji Kecepatan dan tunggu sampai proses selesai.

Speedtest.net

Buka speedtest.net dengan web browser lalu klik tombol GO dan tunggu sampai proses selesai berjalan.

Fast.com

Buka fast.com dengan web browser maka proses pengecekan kecepatan jaringan internet akan berjalan secara otomatis. Tunggu sampai proses selesai berjalan.

Speedtest.cbn.id

Website cek kecepatan internet ini dimiliki oleh provider internet indonesia yaitu Cyberindo Aditama sehingga lokasi server pengecekan koneksi internet berada di indonesia.

Cara cek kecepatan jaringan internet di speedtest.cbn.id sangat mudah yaitu buka web tersebut lalu klik tombol Go !!.

Myrepublic.co.id/test-kecepatan/

Website cek kecepatan internet ini dimiliki oleh provider internet di indonesia yaitu MyRepublic sehingga lokasi server pengecekan koneksi internet berada di indonesia.

Cara cek kecepatan jaringan internet di myrepublic.co.id sangat mudah yaitu buka web tersebut lalu klik tombol Go.

Speedtest.biznetnetworks.com

Website cek kecepatan internet ini dimiliki oleh provider internet di indonesia yaitu Biznet sehingga lokasi server pengecekan koneksi internet berada di indonesia.

Cara cek kecepatan jaringan internet di biznetnetworks.com sangat mudah yaitu buka web tersebut maka proses pengukuran kecepatan internet akan berjalan dengan sendirinya.

Video Panduan

Versi video dari artikel ini dapat kamu tonton di channel youtube Gadgetlogi berikut ini:

Semoga bermanfaat.

Terkait