4 Cara Membuat Playlist YouTube Di HP Dan Laptop

GadgetLogi - Playlist dalam bahasa indonesia berarti daftar putar. Di Youtube, sebuah playlist adalah daftar yang berisi kumpulan video Youtube yang akan kamu tonton secara otomatis sesuai dengan urutan yang kamu buat.

Jadi, dengan membuat sebuah playlist terlebih dahulu, kamu tidak perlu repot untuk memilih dan memutar video yang ingin kamu putar setelah video pertama selesai diputar karena video selanjutnya akan otomatis diputar sesuai dengan urutan yang ada pada playlist yang kamu buat.

Beberapa hal penting tentang daftar putar di Youtube:

  1. Kamu bisa membuat banyak playlist.
  2. Kamu bisa memberi nama playlist buatanmu.
  3. Kamu bisa membuat privat playlist sehingga hanya kamu yang bisa menggunakan playlist tersebut. Jika kamu tidak mengaturnya menjadi playlist privat maka secara bawaan playlist yang kamu buat adalah playlist publik sehingga orang lain bisa menemukan playlist yang kamu buat dengan mencari nama playlist buatanmu menggunakan fitur pencarian Youtube.

Cara Membuat Playlist Youtube Di HP

Melalui Aplikasi Youtube

Kamu bisa membuat playlist di aplikasi Youtube yang ada di HP android dan juga iphone.

  1. Pertama, buka aplikasi Youtube yang ada di HP kamu.
  2. Jika belum login, silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Google.
  3. Selanjutnya, cari video yang ingin kamu simpan ke dalam playlist. Setelah ketemu, tekan tombol tiga titik yang ada di samping kanan judul video.
  4. Lalu pilih opsi Simpan ke playlist.
  5. Setelah itu tekan tombol + PLAYLIST BARU untuk membuat playlist baru.
  6. Beri nama pada playlist yang akan kamu buat. Pada bagian privasi, kamu bisa pilih privat atau publik. Setelah selesai, tekan tombol BUAT.
  7. Selesai, playlist sudah jadi. Untuk menambahkan video lain ke dalam playlist caranya adalah cari videonya lalu tekan tombol 3 titik, pilih opsi Simpan ke playlist dan beri centang pada nama playlist yang telah kamu buat lalu tekan Selesai.

Melalui Web Browser

Misalnya jika kamu menggunakan HP merk Huawei, bisa saja kamu tidak mempunyai aplikasi Youtube. Nah, untuk membuat playlist, kamu bisa menggunakan browser yang ada di HP kamu.

  1. Pertama, buka browser di HP kamu dan buka situs Youtube.com lalu silahkan login menggunakan akun Google.
  2. Cari dan buka video yang akan kamu jadikan playlist.
  3. Lalu tekan tombol Simpan yang ada di bawah judul video.
  4. Selanjutnya tekan tombol Buat playlist baru.
  5. Beri nama pada playlist yang akan kamu buat. Pada bagian privasi, kamu bisa pilih privat atau publik. Setelah selesai, tekan tombol BUAT.
  6. Selesai, playlist sudah jadi. Untuk menambahkan video lain ke dalam playlist caranya adalah cari videonya lalu tekan tombol Simpan yang ada di bawah judul video, pilih beri centang pada nama playlist yang telah kamu buat dan tekan Simpan.

Melalui Web Browser Mode Desktop

  1. Pertama, buka browser di HP kamu dan buka situs Youtube.com lalu silahkan login menggunakan akun Google.
  2. Selanjutnya tekan tombol 3 titik vertikal di bagian atas kanan layar, lalu beri centang opsi Situs desktop.
  3. Cari video yang akan kamu jadikan playlist
  4. Setelah itu tekan tombol 3 titik vertikal yang ada di sebelah kanan judul.
  5. Lalu pilih opsi Simpan ke playlist.
  6. Selanjutnya tekan tombol Buat Playlist baru yang ada di bagian paling bawah.
  7. Beri nama pada playlist yang akan kamu buat. Pada bagian privasi, kamu bisa pilih privat atau publik. Setelah selesai, tekan tombol BUAT.
  8. Selesai, playlist sudah jadi. Untuk menambahkan video lain ke dalam playlist caranya adalah cari videonya lalu tekan tombol 3 titik vertikal yang ada di sebelah kanan judul video, pilih opsi Simpan ke playlist dan beri centang pada nama playlist yang telah kamu buat lalu tekan Simpan.

Cara Membuat Playlist Youtube Di Laptop

Melalui Web Browser

  1. Mula-mula, buka browser di Laptop kamu dan buka situs Youtube.com lalu login menggunakan akun Google.
  2. Cari video yang akan kamu jadikan playlist.
  3. Setelah ketemu, arahkan kursor ke video yang kamu ingin tambahkan ke playlist. Maka akan muncul tiga titik di bagian kanan judul.
  4. Klik tombol tiga titik lalu pilih opsi Simpan ke playlist.
  5. Selanjutnya klik tombol Buat playlist baru yang ada di bagian paling bawah.
  6. Beri nama pada playlist yang akan kamu buat. Pada bagian privasi, kamu bisa pilih privat atau publik. Setelah selesai, tekan tombol BUAT.
  7. Selesai, playlist sudah jadi. Untuk menambahkan video lain ke dalam playlist caranya adalah cari videonya lalu tekan tombol 3 titik vertikal yang ada di sebelah kanan judul video, pilih opsi Simpan ke playlist dan beri centang pada nama playlist yang telah kamu buat lalu tekan Simpan.

Cara Membuka Playlist Di Aplikasi Youtube HP

Untuk membuka playlist yang telah kamu buat pada aplikasi Youtube di HP caranya adalah buka aplikasi Youtube lalu tekan menu Library yang ada di menu bagian bawah layar. Daftar playlist yang telah kamu buat kan muncul di bagian tengah layar.

Cara Membuka Playlist Youtube Di Laptop

Untuk membuka playlist Youtube yang telah kamu buat di Laptop atau Komputer caranya adalah buka situs Youtube.com dan daftar playlist yang telah kamu buat kan muncul di sebelah kiri layar.

Video Panduan

Jika kamu masih bingung, kamu bisa menonton video panduan "cara membuat playlist di youtube" di channel youtube GadgetLogi berikut ini:

Selamat mencoba memainkan playlist buatanmu, semoga bermanfaat.

Terkait