5 Tips Agar Kamera HP Lebih Jernih Untuk Video Call

Nabila Nur Ilmy Shohiby, Sabtu, 2 Jul 2022, 23:31

GadgetLogi - Jaman sekarang sudah tidak jaman lagi untuk melakukan video call hanya dengan webcam komputer/laptop. Sekarang, video call sudah biasa dilakukan dengan handphone kita sendiri. Sayangnya, kadang handphone tidak bisa memenuhi kebutuhan kita untuk memberikan hasil yang jernih ketika kita melakukan video call. Tenang saja, karena ada solusi agar kamu bisa mendapatkan hasil kamera HP yang lebih jernih untuk video call.

1. Gunakan kamera belakang

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah menggunakan kamera belakang untuk video call. Ya, kamera belakang lebih simpel dan tidak ribet daripada kamera belakang. Tetapi, kamera depan tidak bisa memberikan kualitas tajam seperti kamera belakang. Sementara itu, ada saat dimana kita harus memberikan kualitas yang baik untuk kamera belakang (contoh: interview pekerjaan, video call dengan orang dari Omegle).

Kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa menggunakan tripod lalu mengarahkan kamera belakang ke tempat dudukmu nanti saat video call. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kamera belakang tanpa khawatir akan hasilnya.

2. Bersihkan lensa kamera

Sebelum kamu memakai kamera belakang, pastikan kameranya sudah dibersihkan. Hal ini kerap menjadi kesalahan yang fatal karena kamera yang kotor akan memberikan hasil yang blur. Mulai dari handphone yang paling mahal atau pun yang paling murah, semuanya akan memberikan hasil yang jelek jika kameranya tidak bersih. Tidak percaya? Coba deh kamu bersihkan kamera belakang dan depan handphone mu dan lihat bagaimana hasilnya sebelum dan setelah dibersihkan. Pasti hasilnya berbeda.

3. Ubah resolusi kamera

Sebenarnya, kamera handphone itu tidak kalah canggihnya dengan video webcam biasa. Bahkan, jika kamu bisa mengubah setting kameranya, hasilnya akan sangat lebih bagus dibandingkan video webcam. Contohnya, jika kamera kamu menyediakan resolusi HD atau bahkan 4K, pastikan kamu menggunakannya saat interview atau video call dengan gebetan dari Tinder atau OKCupid.

Tentu saja, kalau kamu mau menggunakan resolusi yang tinggi, kamu wajib untuk charging handphone-nya terlebih dahulu agar video call tidak mati di tengah jalan. Atau, kamu bisa mencolok handphone ke charger saat melakukan video call. 

4. Cari tempat dengan pencahayaan yang bagus

Hal lain yang harus diperhatikan adalah lokasi background video call yang akan dilakukan. Setinggi apapun resolusi kameranya, semuanya akan sia-sia kalau kamu duduk di tempat yang membelakangi cahaya dan juga menggunakan background yang gelap yang suram. Kita sebagai pengguna kameranya juga harus beradaptasi dengan sekeliling kita agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal saat video call. Dan tempat yang paling baik untuk melakukan video call adalah tempat dengan cahaya yang cukup dan juga background yang netral.

5. Gunakan filter jika dibutuhkan

Kalau semuanya tidak manjur, kamu bisa menggunakan filter. Kelebihan filter adalah setting dari mereka yang ditujukan agar pengguna filter terlihat lebih bersih dan segar. Dan mereka juga punya variasi juga! Mulai dari filter yang paling lucu dan filter yang sederhana, semuanya bisa didapatkan melalui filter.
Jika kamera kita tidak memberi hasil yang maksimal, kita bisa melakukan cara di atas untuk mengubahnya. Masih ada cara lain untuk mendapatkan kamera HP jernih untuk video call interview atau pacar dari Ometv. Tapi, cara sederhana di atas bisa memberikan hasil yang cukup memuaskan

Terkait