5 Tips Menggunakan Internet yang Aman Tanpa Bahaya

Nabila Nur Ilmy Shohiby, Sabtu, 2 Jul 2022, 23:43

GadgetLogi - Menggunakan internet adalah hal yang gampang sekarang. Hanya dengan handphone, seseorang bisa pergi online lalu mencoba untuk mencuri data pribadi orang lain. Untuk mencegah hal seperti itu, kami sudah menyediakan 5 tips menggunakan internet yang aman tanpa bahaya.

1. Jangan berbagi informasi rahasia dengan yang lain

Pertama, kamu tidak boleh memberikan informasi rahasia ke orang lain. Yang dimaksud dengan informasi rahasia adalah data pribadi, password, email, foto-foto, asli, dan semua yang berhubungan dengan mengungkapkan identitas diri online. Apabila jatuh ke orang yang salah, mereka bisa menggunakan data pribadimu untuk melakukan hal-hal tidak diinginkan seperti meminjam pinjaman online menggunakan data pribadimu. 

2. Pilih wifi yang aman

Hacker sering menggunakan trik ini, dan masih banyak orang yang jatuh ke perangkap ini. Trik yang sering digunakan adalah membuat koneksi wifi yang mirip dengan nama wifi umum. Apabila orangnya tidak jeli, ia akan menyambungkan diri ke koneksi yang dibuat oleh sang hacker, lalu sang hacker bisa mengambil data yang ada di perangkat korban.

Agar hal ini tidak terjadi, pastikan kamu memperhatikan wifi yang ada di tempat umum secara jeli. Biasanya, akan ada nama wifi dan password diberikan untuk tempat tersebut. Pastikan nama wifi yang disambungkan sesuai dengan yang tertulis, bahkan huruf besar kecilnya juga harus sama. Biasanya, wifi khusus akan dibuat dengan tulisan formal.

3. Gunakan VPN

VPN adalah hal yang sangat berguna bagi kita semua. Hal ini karena VPN akan menyamarkan IP address milikmu dan juga akan “mengacak-acak” data yang dikirim dari perangkatmu. Contohnya, apabila IP address kamu 123456, VPN akan membuat IP address baru dari lokasi lain yaitu 64534231. Hal ini bisa mencegah hacker untuk meretas perangkatmu dan juga mencuri data pribadimu. Kalau kamu tidak yakin dengan IP yang diberikan, kamu bisa melihatnya di IP Saya.

4. Gunakan antivirus

Antivirus adalah hal yang penting untuk perangkat kamu. Antivirus berguna untuk menyaring program-program berbahaya yang bisa menyamar sebagai aplikasi atau software yang kamu unduh dari internet. Biasanya, antivirus akan langsung mendeteksi program berbahaya untuk perangkatmu dan meminta izin untuk menghapus download tersebut.

Tentu saja, akan ada saat dimana antivir bisa salah kaprah lalu mengira bahwa software yang benar-benar kita butuhkan adalah virus. Jangan khawatir, karena kamu bisa mematikan antivirus kamu kapanpun yang kamu mau. Jadi, kalau kamu ingin mengunduh software yang dianggap sebagai virus (padahal bukan), kamu bisa mematikan antivirus terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.  

5. Lihat website yang dituju dengan seksama

Tidak sedikit website yang bisa membaca virus atau bencana lain ke perangkat kita. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan bahwa kamu masuk ke website yang aman. Pertama, kamu bisa melihat link mereka. Website yang aman adalah website yang dimulai dengan https://. Hal ini menunjukan bahwa website tersebut sudah mempunyai sertifikat SSL yang menjamin keamanan website tersebut. Kedua, perangkat akan memberikan peringatan apabila mereka menganggap bahwa websitenya adalah website berbahaya. Jadi, ketika perangkat kamu memberikan peringatan, lebih baik kamu kembali ke halaman sebelumnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi. 

Mungkin hal-hal di atas terlihat merepotkan. Tetapi percayalah, kamu pasti tidak akan menyesal untuk melakukannya! Ayo, lakukan hal di atas untuk melindungi keamanan secara digital!

Terkait