5 PDF Editor Terbaik yang Harus Kamu Coba

Nabila Nur Ilmy Shohiby, Sabtu, 2 Jul 2022, 23:37

GadgetLogi - Meskipun PDF adalah dokumen andalan kita, kadang ada saatnya dimana kita harus mengubah beberapa bagian dari PDF tersebut. Padahal, PDF adalah tipe dokumen yang tidak bisa diubah. Tapi tenang saja, sekarang ada banyak PDF Editor yang bisa membantumu melakukan modifikasi ke PDF yang ingin kamu ubah. Apa saja modifikasinya? Yuk, cek di di bawah ini

1. Easeus PDF Editor

EaseuS PDF Editor adalah salah satu editor yang mempunyai banyak fitur. Mulai dari mengubah posisi halaman, menambah/mengurangi halamannya, menambah form seperti list, pesan, dan lain-lain. Dan kalau kamu mau mengubah formatnya dari PDF, kamu bisa melakukan konversi hanya dengan beberapa klik saja. Cukup mudah, bukan? 

2. Getlua.com

Kalau kamu nggak punya waktu untuk mengunduh filenya di komputer kamu, kamu bisa menggunakan Getlua.com. Getlua.com adalah PDF editor berbasis internet, dimana kamu cuma butuh internet dan browser untuk membuka Getlua.com. Dengan Getlua.com, kamu bisa melakukan semua apa yang dibutuhkan dari PDF editor, mulai dari pemindahan halaman, konversi ke PDF ke format lain (atau sebaliknya) seperti Word ke PDF dan PDF ke Word, mengecilkan file size dari PDF-nya – semuanya bisa kamu temukan dari Getlua.com. Dan karena semuanya dilakukan online, kamu tidak perlu repot menggunakan perangkat khusus untuk membukanya. Asal kamu punya browser dan internet, kamu bisa membuat Getlua.com di mana saja, kapan saja. 

3. Adobe Acrobat

Kalau kamu butuh software dengan berbagai macam fitur, kamu harus menggunakan Adobe Acrobat. Sebagai pemain utama dalam pembuatan file PDF, Adobe Acrobat mempunyai fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PDF Editor biasanya. Hal ini membuat Adobe Acrobat menjadi salah satu software favorit untuk mengedit PDF, dan hal ini lah yang membuat Adobe Acrobat disukai oleh para profesional. Sayangnya, karena terlalu banyak fitur, orang yang baru menggunakan Adobe Acrobat akan merasa bingung dan takut menggunakan Adobe Acrobat karena fiturnya terlalu banyak. Kamu juga harus menggunakan uang juga untuk mendapatkan fitur premiumnya.

4. Icecream PDF Editor

Jika kamu butuh PDF editor yang mirip Adobe Acrobat tetapi bukan Adobe Acrobat, kamu bisa menggunakan Icecream PDF Editor. Icecream PDF Editor mempunyai layout yang cukup simpel dan sederhana, sehingga ia lebih nyaman untuk dipandang oleh mata kita. Icecream juga membagi fiturnya dalam kategori, sehingga kita bisa mencari fitur yang ingin kita gunakan lebih gampang. Dan kalau kamu mau melindungi PDF kamu, kamu bisa melakukannya dengan mengunci filenya lalu memberikannya password. Sayangnya, Icecream tidak mempunyai format yang cukup untuk menghasilkan konversi yang penuh variasi sehingga ia tidak cocok digunakan untuk mengubah file dari/ke PDF.

5. PDFpenPro

Kalau kamu menggunakan Mac, kamu bisa melakukan konversi dari PDF ke format lain dengan Preview. Tetapi, Preview tidak memberikan opsi pengeditan yang bisa kita dapatkan dari PDFpen Pro. PDF Editor khusus Mac ini memberikan semua fitur untuk mengedit PDF sesuai yang kamu butuhkan. Mungkin Preview cocok bagi mereka yang hanya ingin melakukan konversi. Tetapi kalau kamu butuh PDF Editor khusus Mac yang mempunyai banyak fitur, maka PDFpen PRO lah jawabannya.

Ada banyak PDF Editor yang bisa digunakan untuk mengedit PDF. Sayangnya, kamu harus mengunduh mereka untuk melihat apakah softwarenta sesuai dengan yang diinginkan atau tidak. Tidak sering kita kecewa dengan hasil yang diberikan oleh software karena tidak sesuai ekspektasi. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah tes semua softwarenya untuk melihat apakah kamu cocok dengan software tersebut. 

pdf
Terkait