5 Game Seru Untuk Belajar Kosakata Bahasa Inggris

Nabila Nur Ilmy Shohiby, Sabtu, 2 Jul 2022, 23:35

GadgetLogi - Belajar bukan hal yang gampang, apalagi ketika materi belajar adalah bahasa yang berbeda dari bahasa yg kita gunakan. Tentu saja, Bahasa Inggris juga termasuk dalam hal ini. Untungnya, ada banyak game seru yang bisa kita gunakan untuk belajar kosakata Bahasa Inggris. Mau tahu gamenya seperti apa? Yuk, cek artikel di bawah!

1. Scrabble

Scrabble adalah game kosakata yang masih menjadi favorit banyak orang sampai sekarang. Yang membuat Scrabble Word Finder unik adalah sistem permainan mereka. Di Scrabble, pemain diberikan kotak-kotak berisi huruf dan juga skornya di pojok bawah kanan kotak. Ketika kamu menggunakan kotak-kotak tersebut, jumlah skor akan dihitung berdasarkan skor di setiap kotak. Tapi ingat, kata-kata yang digunakan harus ada dan digunakan di dunia nyata! Lalu, setiap kata harus saling menyambung. Seru, bukan? Kamu bisa menghabiskan waktu sampai malah lho hanya karena kamu bermain Scrabble. Anda dapat menggunakan Word Unscrambler untuk mendapatkan tips selama bermain game.

2. Teka-Teki Silang

Kalau kamu bisa menata huruf sesuai keinginan di Scrabble, di teka-teki silang, kamu wajib mengisi puzzle yang ada dengan kata yang dibutuhkan. Tenang saja, karena mereka memberi petunjuk yang bisa digunakan untuk menebak kata apa yang digunakan di puzzle yang diberikan. Dengan ini, kamu tidak hanya bermain kosakata tetapi belajar kosakata baru!

3. Words with Friends

Game ini mempunyai konsep yang sama dengan Scrabble, dimana player harus menyusun kata di papan, dan lawannya harus menyambungkan kata yang baru di salah satu huruf kata lama. Yang membuat game ini berbeda adalah sistem multiplayernya. Game online ini mewajibkan player untuk bermain dengan temannya. Jadi, ketika kamu selesai menyusun kata-katamu, temanmu akan menyambungnya dengan kosakata yang baru.

Meskipun game ini mempunyai sistem yang sama dengan Scrabble, Words with Friends tidak mempunyai hubungan dengan Scrabble. Mereka berdua adalah dua permainan dengan konsep yang mirip tetapi dari perusahaan yang berbeda. Tapi tenang saja, karena dua-duanya sama-sama seru, kok!

4. Boggle

Apakah kamu pernah melihat kotak yang berisi dengan huruf acak-acakan? Meskipun huruf-huruf tersebut terlihat acak-acakan, sebenarnya mereka adalah huruf yang akan membuat sebuah kata apabila kamu menata ulang huruf-huruf tersebut. Tentu saja, ada petunjuk mengenai kosakata yang digunakan, jadinya kamu bisa menebak kata yang digunakan dalam puzzle tersebut. 

Permainan ini cukup terkenal di kalangan anak kecil, terutama anak SD awal. Hal ini karena game ini bisa membantu siswa untuk belajar kosakata baru tanpa merasa bahwa mereka dituntut untuk menghafal kosakata baru tersebut. Jadi jangan kaget kalau kamu melihat game kosakata seperti ini bertebaran di internet!

5. Word Jumble

Game ini adalah game dimana kamu bisa mencari kosakata di antara campuran huruf yang berserakan di dalam satu kotak. Meskipun mereka terlihat acak-acakan, mereka sudah diatur sedemikian rupa sehingga kamu bisa menemukan beberapa kata jika kamu menyambungkan huruf-huruf tersebut secara vertikal, horizontal, maupun miring ke samping. Game ini cukup sulit apabila kamu tidak begitu tahu mengenai kosakata. Tapi jika kamu tahu banyak kosakata, game ini untuk kamu.

Ada banyak game seru untuk belajar kosakata Bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu kurang yakin game mana favoritmu, kamu bisa mencoba memainkan beberapa lalu pilih yang mana kamu paling senangi. Yakin deh, kamu pasti akan senang memainkan game-game tersebut!

Terkait