Coba 4 Cara Agar Tingkatkan Kecepatan Internet

Nabila Nur Ilmy Shohiby, Sabtu, 2 Jul 2022, 23:41

GadgetLogi - Pernah nggak sih kamu merasa bahwa internet kamu mendadak lemot? Tenang saja, karena ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan biar internet kamu tidak lemot. Begini cara kamu mencegah internet tidak lemot!

Kenapa bisa lemot?

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan internet kamu. Berikut adalah beberapa dari faktor tersebut:

Dari operator

Faktor internet lemot yang pertama bisa dikarenakan oleh operator sendiri. Selama kamu berlangganan internet dari operator tersebut, mereka wajib untuk memberikan koneksi internet yang stabil dan tidak lemot. Jika kamu merasa koneksinya lemot, coba untuk uji kecepatan internet mereka dengan speed test dan melihat kecepatan download, upload, jittery, dan latency mereka. Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa menguji kecepatan internet dengan lebih dari satu speed test

Dari aplikasi handphone

Faktor kedua adalah aplikasi yang diunduh ke handphone. Agar aplikasi bisa berjalan dengan baik, mereka harus mempunyai server yang stabil saat digunakan. Ketika aplikasinya lemot, kemungkinan besar bahwa server mereka sedang mengalami overload

Ada juga faktor lokasi, dimana aplikasi tersebut tidak mempunyai server di Indonesia. Tentu saja aplikasi tersebut akan mempunyai performa yang beda dengan aplikasi yang menggunakan server di Indonesia. Atau, aplikasi yang punya mirroring server di Indonesia. Contoh dari aplikasi luar yang mempunyai mirroring server adalah Disney + Hotstar yang sudah bekerja sama dengan CBN.

Dari penggunaan handphone

Apabila dua faktor tersebut tidak mempengaruhi kecepatan internet, ada beberapa hal dari penggunaan handphone yang bisa mempengaruhi internetnya, yaitu:

1. Lokasi penggunaan

Jika internet lemot ketika kamu diluar, coba cek sekeliling kamu. Biasanya, internet akan melambat apabila kamu dikelilingi oleh gedung-gedung tinggi. Jika ada gedung yang cukup tinggi dekat kamu, ada kemungkinan bahwa hal itu lah penyebab internet lemot di handphone.

2. Aplikasi di background

Siapa bilang aplikasi yang di background tidak mempengaruhi internet? Meskipun mereka tidak dibuka, aplikasi di background akan tetap berjalan dan mengkonsumsi internet yang ada. Mengingat penjelasan sebelumnya, ada kemungkinan bahwa internet lemot bisa dikarenakan oleh salah satu aplikasi yang ada di background mengalami server overload. Maka, akan lebih baik jika kamu menutup semua background aplikasi dan fokus ke satu aplikasi yang sedang kamu buka saja. 

3. Jaringan yang lemot sejak awal

Terkadang juga jaringan lemot memang asalnya datang dari operator sendiri. Hal ini kerap terjadi kepada operator yang sering digunakan oleh banyak orang, terutama pada jam istirahat kantor dimana orang-orang menggunakan internet mereka.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengaktifkan mode airplane untuk beberapa saat lalu mematikan mode airplane setelah beberapa saat. Hal ini akan refresh koneksi handphone kamu, karena handphone akan mencari sinyal yang lebih baik setelah mode airplane dimatikan.

4. Hapus cache

Hal lain yang bisa mempengaruhi internet lemot adalah performa sistem handphone. Handphone akan bekerja semakin lambat jika memori mereka semakin terkuras. Oleh sebab itu, kamu wajib untuk menghapus cache secara rutin agar tidak ada memori yang terkuras untuk hal-hal yang tidak diperlukan di handphone.

Seperti yang kita lihat, ada berbagai faktor yang menyebabkan internet lemot. Kita bisa lihat bahwa opsi terbaik adalah menggunakan operator yang bekerja sama dengan banyak aplikasi dari luar seperti Telkomsel untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal. Kalau kamu melihat bahwa kecepatannya sudah kembali normal ketika menguji kecepatan internet lagi, selamat! Kamu sukses menghindar internet lemot.

Terkait