Cara Login WhatsApp dengan Nomor Tidak Aktif / Hilang

GadgetLogi - WhatsApp adalah aplikasi berkirim pesan yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan di indonesia aplikasi ini sering digunakan sebagai sarana komunikasi keluarga, teman, dan juga komunitas. Namun ada satu kekurangan WhatsApp yang membuat bisa membuat kamu kadang pusing tujuh keliling, apakah itu?

Kekurangan itu adalah WhatsApp hanya memiliki satu cara login yaitu dengan menggunakan nomor handphone yang kemudian akan digunakan untuk verifikasi melalui kode yang dikirim melalui SMS saat kamu login ke dalam WhatsApp.

Berbeda dengan username yang tidak bisa hilang, nomor handphone yang ada di kartu SIM ini bisa hilang atau bahkan bahkan diblokir. Jika itu terjadi maka kamu akan kesulitan untuk bisa membuka akun WhatsApp kamu lagi. Wah bahaya sekali ya.

Sebelum lebih jauh jauh, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu apa saja penyebab tidak bisa login WhatsApp.

Penyebab Tidak Bisa Login WhatsApp

Inti masalahnya adalah kamu tidak bisa melakukan verifikasi kepemilikan nomor HP karena alasan-alasan berikut ini yang intinya adalah nomor HP kita tidak aktif (mati):

  1. Kartu SIM hilang. Bisa karena terjatuh atau kamu lupa menyimpannya.
  2. Kartu SIM rusak. Misalnya karena kamu sering ganti-ganti kartu SIM dengan cara yang tidak hati-hati.
  3. Kartu SIM diblokir. Nah penyebab kartu SIM diblokir yang sering terjadi adalah kamu lupa untuk mengisi pulsa sehingga masa aktif kartu kamu habis dan akhirnya kartu SIM kamu diblokir. Loh kenapa bisa lupa? ? karena di indonesia sangat umum untuk menggunakan 2 kartu SIM. Tidak jarang kamu harus menyediakan dua operator seluler yang berbeda untuk keperluan internet dan untuk Call/SMS. Nah, apalagi sekarang untuk membeli paket data, kamu tidak perlu membeli pulsa terlebih dahulu dan langsung membeli paket datanya sehingga masa aktif kartu SIM kamu tidak bertambah karena kamu tidak mengisi pulsa terlebih dahulu. Maunya lebih cepat sih tapi ternyata ada ruginya juga ya.

Cara Login WhatsApp Dengan Nomor Tidak Aktif

Entah itu nomor hilang atau diblokir, cuma ada satu cara yang bisa kamu lakukan. Dan syaratnya adalah kartu SIM kamu yang hilang atau diblokir harus terdaftar dengan KTPmu. Bagaimana jika tidak? tentu saja cara ini tidak akan bisa dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan catatan yang berisi nomor HP yang sudah hilang atau diblokir. Kalau kamu masih hafal maka catatan ini tidak diperlukan.
  2. Siapkan KTP.
  3. Lakukan pendaftaran ulang nomor HPmu ke gerai operator seluler.
  4. Jika berhasil maka kamu akan bisa lagi login ke akun WhatsAppmu.

Kenapa cara ini adalah cara satu-satunya dan tidak ada cara lain yang berhasil? kuncinya adalah soal kepemilikan nomor HP yang menjadi bukti sah bahwa kamulah pemilik akun WhatsApp. Jika ada cara lain yang bisa digunakan untuk membuka akun whatsapp tanpa verifikasi nomor HP tentu hal itu akan sangat berbahaya untuk keamanan aplikasi WhatsApp.

Kesimpulan

Itulah satu-satunya cara yang Gadgetlogi temukan berhasil untuk mengembalikan akun WhatsApp yang tidak bisa login karena nomor HP tidak aktif (rusak, hilang atau diblokir). Masalah yang kemudian bisa terjadi adalah hilangnya chat dan juga media. Untuk ini tidak ada cara lain untuk mengembalikannya kecuali kamu sudah pernah membackup data WA di Google Drive.

Terkait