Line Bank, Bank Digital Pendatang Baru Di Indonesia

GadgetLogi - Pasti kalian familiar dengan aplikasi Line buatan Line Corporation, bukan? Aplikasi pengiriman pesan gratis asal Jepang ini merupakan salah satu yang paling populer di antara berbagai aplikasi sejenisnya.

Menurut kumparan.com, hanya pada tahun 2018, hampir 90 juta penduduk Indonesia tercatat sebagai pengguna Line, dengan mayoritas penggunanya adalah kaum muda.

Melihat respons yang luar biasa, Line Corporation terus berkembang dengan menjadi pemain baru di sektor perbankan Indonesia melalui Line Bank.

Apakah yang dimaksud dengan Line Bank?

Line Bank diperkenalkan sebagai bank digital yang resmi diluncurkan pada 10 Juni 2021 oleh Line Corporation (pemilik aplikasi Line), bekerja sama dengan PT Bank KEB Hana.

Meskipun prinsip kerjanya mirip dengan bank konvensional, Line Bank menawarkan pengalaman yang unik. Salah satu keunggulannya adalah kemudahan dalam proses pendaftaran melalui aplikasi online yang dapat diunduh pada sistem operasi iOS maupun Android.

Selain itu, proses transaksi seperti transfer, pembayaran, atau pembelian juga menjadi lebih mudah dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat gadget.

Tidak perlu khawatir, sebagai nasabah Line Bank, Anda akan mendapatkan kartu debit yang dapat digunakan di semua ATM Hana Bank, serta ATM lain yang berlogo Bersama, Prima, dan Plus.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, Line Bank cenderung menargetkan kelompok muda yang akrab dengan teknologi dan lebih memilih segala sesuatu yang bersifat online, karena kelompok muda cenderung menyukai hal yang sederhana, instan, dan fleksibel.

Ketentuan Membuka Rekening Line Bank

Merujuk pada situs resmi linebank.co.id, beberapa persyaratan untuk membuka rekening baru di bank ini antara lain:

1. Warga Negara Indonesia
2. Memiliki E-KTP
3. Berusia minimum 17 tahun
4. Memiliki email dan nomor HP yang aktif

Cara Membuka Rekening Line Bank

Setelah semua persyaratan terpenuhi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuka rekening Line Bank:

#1 Instal Aplikasi Langkah pertama, unduh aplikasi Line Bank dari Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

#2 Buat Rekening Tabungan Baru Langkah kedua, setelah mengunduh aplikasi bank ini, pilih untuk membuat rekening baru dengan cara berikut:

1. Ketuk tombol Start LINE Bank.
2. Klik Agree atau Sepakat pada Ketentuan dan Syarat.
3. Masukkan nomor ponsel yang akan didaftarkan.
4. Masukkan kode OTP yang Anda terima melalui SMS di nomor yang telah didaftarkan.
5. Buat password akun bank Anda. Buat kata sandi dengan panjang antara 6-15 karakter yang terdiri 6. dari kombinasi huruf dan angka.
7. Tekan tombol Open Account untuk membuat akun.
8. Gulir ke bawah dan pilih Open Savings untuk membuka rekening LINE Bank.

#3 Verifikasi Alamat Email Langkah ketiga, lakukan proses verifikasi melalui email. Masukkan alamat email aktif Anda di kolom yang disediakan, dan tunggu beberapa saat hingga menerima kode OTP di email tersebut.

Kemudian, masukkan kode OTP yang Anda terima di email.

#4 Selfie dengan E-KTP Setelah verifikasi email, langkah selanjutnya adalah mengambil foto selfie dengan E-KTP. Caranya, cukup ketuk tombol Take photo dan unggah gambar selfie sambil memegang KTP.

Selanjutnya, isi informasi pribadi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, bahkan ciri tangan sesuai informasi di E-KTP.

Selanjutnya, buat PIN Transaksi yang akan digunakan setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan bank ini.

#5 Verifikasi Informasi melalui Video Call Langkah kelima, untuk keamanan, pihak bank akan melakukan proses verifikasi melalui video call dengan petugas layanan pelanggan dari bank.

Jangan khawatir, pihak bank hanya akan mengajukan pertanyaan sederhana seputar informasi pribadi, dan Anda harus menunjukkan E-KTP Anda.

Ketika akan melakukan proses verifikasi ini, cukup tekan tombol Call dan tunggu hingga terhubung dengan petugas dari Line Bank.

#6 Buat Kartu Debit Setelah berhasil verifikasi melalui video call, Anda akan menerima notifikasi bahwa rekening Anda telah berhasil dibuat.

Setelah itu, di layar utama Anda dapat mengajukan pembuatan kartu debit untuk transaksi di ATM. Klik "Buat Kartu Debit", kemudian muncul permintaan pembuatan kartu debit di layar.

Ada beberapa jenis kartu debit seperti Brown Visa Card, Cony Visa Card, Sally Visa Card, dan Brown GPN Card. Selanjutnya klik "Lanjut".

#7 Pilih Rekening Pembayaran Langkah terakhir adalah memilih rekening pembayaran untuk pengiriman kartu ATM. Perlu diketahui, untuk penerbitan kartu pertama tidak dikenakan biaya, tetapi penerbitan kedua dan seterusnya akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu.

Selanjutnya, masukkan alamat pengiriman kartu, baik itu ke rumah atau kantor. Setelah itu, pilih "Next" untuk pengecekan kartu debit. Masukkan PIN transaksi untuk memproses pengiriman kartu debit.

Jangan lupa saldo minimum Line Bank untuk Tabunganku sebesar Rp 20.000,00.

Terkait