Rekomendasi Top 5 Aplikasi Reksadana untuk Pemula

GadgetLogi - Di Indonesia, telah tersedia berbagai aplikasi reksadana yang memungkinkan kamu untuk melakukan investasi secara online.

Dari beragam pilihan tersebut, apakah ada aplikasi reksadana yang sesuai bagi para pemula? Jawabannya tentu ada.

Kamu dapat memilih salah satu aplikasi reksadana untuk pemula yang sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing.

Tak perlu khawatir untuk memulai, karena setiap aplikasi umumnya menyediakan edukasi khusus seputar reksadana yang dirancang untuk membantu para pemula agar dapat berinvestasi dengan baik.

Berikut ini beberapa aplikasi reksadana untuk pemula yang bisa menjadi pilihan kamu.

1. Bibit

Bibit merupakan aplikasi yang secara khusus dirancang untuk investasi reksadana.

Proses berinvestasi melalui Bibit menjadi lebih mudah karena seluruh pendaftaran dilakukan secara online.

Dalam waktu beberapa menit, akun kamu akan segera terverifikasi, memungkinkan kamu untuk memulai investasi tanpa perlu mengirimkan dokumen fisik.

Aplikasi Bibit juga menyuguhkan tampilan yang ramah pengguna, membantu investor pemula agar dapat berinvestasi dengan lancar.

Lebih menariknya, Bibit secara terus-menerus memberikan rekomendasi reksadana yang sesuai dengan profil risiko kamu melalui fitur Robo.

Untuk memulai investasi reksadana melalui Bibit, modal awal yang dibutuhkan adalah mulai dari Rp 100 ribu.

2. Bareksa

Bareksa merupakan salah satu aplikasi reksadana yang telah hadir sejak tahun 2015.

Aplikasi ini menyediakan setidaknya 190 produk reksadana dengan pilihan dari 40 manajer investasi yang dapat kamu sesuaikan dengan profil risiko kamu.

Bareksa telah dilengkapi dengan fitur Robo Advisor, memungkinkan pengguna untuk melakukan simulasi pergerakan dana dan memperkirakan potensi keuntungan serta kerugian.

Selain sebagai platform untuk produk reksadana, Bareksa juga menjadi tempat distribusi resmi Surat Berharga Negara (SBN) yang telah dipercayai oleh Kementerian Keuangan.

3. Ajaib

Awalnya, Ajaib dikenal sebagai aplikasi investasi saham online. Namun, kini Ajaib telah mengembangkan fungsinya dan dapat digunakan untuk berinvestasi reksadana, termasuk oleh investor pemula.

Aplikasi ini, yang dimiliki oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia, menawarkan fitur jual beli reksadana.

Dengan Ajaib, pencarian produk reksadana yang sesuai dengan preferensi kamu menjadi lebih mudah. Aplikasi ini membantu dalam pemilihan produk reksadana berdasarkan profil risiko, yang kamu tentukan melalui kuisioner.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, kamu dapat dengan mudah melakukan investasi reksadana melalui panduan yang diberikan oleh Ajaib.

4. POEMS ID

Selain berfungsi sebagai platform investasi saham, POEMS ID juga menghadirkan produk reksadana dalam satu aplikasi.

Pembelian produk reksadana dapat dilakukan melalui fitur Profunds, yang berperan sebagai supermarket reksadana online dengan lebih dari 100 produk yang tersedia.

Harap dicatat bahwa POEMS ID dioperasikan oleh salah satu perusahaan sekuritas terkemuka di Indonesia, yaitu Phillip Sekuritas.

Mulai berinvestasi reksadana dengan modal Rp 50 ribu dan pantau perkembangannya secara real-time melalui aplikasi POEMS ID.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur SmartStart yang memberikan rekomendasi paket reksadana khusus untuk investor pemula. Rekomendasi tersebut disesuaikan dengan profil risiko individu, apakah termasuk dalam kategori konservatif, moderat, atau agresif.

5. Invisee

Aplikasi reksadana ini sangat sesuai untuk mereka yang ingin memulai investasi dengan modal kecil, dimulai dari Rp 10 ribu saja.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi Invisee adalah adanya fitur pengingat, yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan atau membuat jadwal investasi sesuai dengan kondisi keuangan mereka.

Itulah beberapa pilihan aplikasi reksadana yang cocok bagi pemula.

Meskipun masih dalam tahap awal, pastikan untuk memiliki pemahaman dasar tentang investasi reksadana.

Langkah ini akan membantu mengurangi potensi risiko yang mungkin timbul selama proses investasi.

Terkait